Harga Tepung Porang Dihargai Hingga Rp 600.000 per Kg, Wowww!

Harga Tepung Porang Dihargai Hingga Rp 600.000 per Kg, Wowww!

Konten [Tampil]

Harga Tepung Porang Dihargai Hingga Rp 600.000 per Kg, Wowww!


Harga Tepung Porang
- Porang atau Iles-iles ditemukan mulai dari Kepulauan Andaman, India, menyebar ke arah timur melalui Myanmar ke Thailand dan ke Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh dimana saja, seperti di tepi hutan jati, di bawah rumpun bambu, di tepi sungai, di semak belukar, dan di bawah berbagai macam naungan.



Baca juga: Pengepul Porang Semarang dan Jual Bibit Porang Semarang

 

Produksi Umbi Dengan Suhu 25-35 °C

Untuk mencapai produksi umbi yang tinggi membutuhkan naungan 50-60%, tanaman ini tumbuh dari dataran rendah sampai 1000 m dpl, dengan suhu antara 25-35° C, sedangkan curah hujan antara 300–500 mm per bulan selama masa pertumbuhan. Pada suhu di atas 35° C daun tanaman akan terbakar, sedangkan pada suhu rendah tanaman mengalami dormansi.


Porang Atau Iles-Iles Dapat Tumbuh Baik

Porang atau Iles-iles tumbuh tersebar di hutan atau di pekarangan dan belum banyak dibudidayakan. Seperti halnya suweg, iles-iles dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang bertekstur ringan yaitu pada kondisi tanah liat berpasir, berstruktur gembur, dan kaya unsur hara, selain memiliki drainase yang baik, kandungan humus tinggi, dan memiliki pH tanah 6 - 7,5.

 

Tanaman obat ini mudah ditemukan di pulau jawa dengan habitat semak yang tumbuh dalam siklus tahunan dan dapat tumbuh hingga satu meter.

Baca juga: Manfaat Tepung Porang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mengembangkan umbi porang (iles-iles) sebagai komoditas unggulan yang bernilai ekonomi tinggi. Ini untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Produksi Umbi Porang Di Madiun

Bupati Madiun mengatakan produksi umbi porang di Madiun rata-rata 8.100 ton per tahun. Tanaman ini dibudidayakan oleh warga yang tinggal di pinggir hutan produksi yang dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur. Luas tanam mencapai sekitar 1.380 hektar.

Baca juga: Alamat Pabrik Tepung Porang di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Umbi porang menjadi mata pencaharian baru bagi warga pinggiran hutan di Madiun. Mereka menanamnya di bawah perkebunan Perhutani agar tidak merusak fungsi hutan.


Umbi Porang Di Madiun Diekspor Ke Jepang

Hampir semua umbi porang di Madiun diekspor sebagai bahan baku ramen atau mi tradisional Jepang serta konyaku dan kosmetik. Namun petani di Madiun menjualnya dalam bentuk umbi basah, sehingga harganya murah, sekitar Rp 2.500 per kilogram (kg).

 

Setiap 1 hektar tanaman porang menghasilkan hingga 16 ton umbi basah atau menghasilkan pendapatan sekitar Rp. 40 juta.

Harga Tepung Porang dan Olahan Porang

Pendapatan yang diterima petani semakin besar jika dapat memberikan nilai tambah pada umbi porang. Caranya dengan mengolahnya menjadi keripik (irisan tipis) atau tepung. Keripik porang dihargai hingga Rp 27.000 per kg dan tepung porang dihargai hingga Rp 600.000 per kg.

ARTIKEL LAINNYA