Jenis Kambing Untuk Aqiqah, Kambing Jantan ataupun Betina

Jenis Kambing Untuk Aqiqah, Kambing Jantan ataupun Betina

Konten [Tampil]

Jenis Kambing Untuk Aqiqah, Kambing Jantan ataupun Betina

Semua orang tua di dunia ini tentu merasa senang melihat buah hatinya telah lahir di dunia dengan selamat. Sebagai wujud kebahagiaan seseorang yang telah menjadi orang tua, ada baiknya jika Anda melakukan aqiqah untuk bisa menebus kelahiran anaknya. Lalu apa saja Jenis Kambing Untuk Aqiqah yang sesuai dan harus dipenuhi agar aqiqah terlaksana dengan sempurna?

 

Jenis Kambing Untuk Aqiqah

Sebenarnya sama saja dengan Idul Adha. Jenis Kambing Untuk Aqiqah sama dengan kambing yang dijadikan hewan qurban. Apa saja yang termasuk dalam syarat jenis kambing aqiqah yang harus aqiqah menurut ajaran islam? Kami akan membahas semuanya di sini.

 

Syarat Kambing Aqiqah

Sebelum memutuskan untuk membeli hewan sembelihan yang digunakan untuk aqiqah, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis hewan apa saja yang diperbolehkan untuk dijadikan aqiqah dalam Islam. Domba, gibas dan juga kisby, spesies hewan kisby adalah domba putih yang dalam keadaan sehat.

 

Untuk hewan aqiqah selain kambing seperti sapi atau unta, para ulama berbeda pendapat. Ada yang berpendapat boleh menggunakan sapi atau unta, namun ada juga yang tidak membolehkan. Bagi teman-teman yang ingin informasi lebih lanjut bisa datang ke Karima Aqiqah di Bekasi atau di layanan Aqiqah Bogor agar informasi yang didapat lebih memadai.

 

Jumlah dan Jenis Kelamin Kambing Aqiqah

Menurut hadits Nabi Muhammad, jumlah kambing yang digunakan untuk aqiqah jantan adalah 2 ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan digunakan 1 ekor kambing untuk akikah. Dan anda akan mendapatkan pahala berupa pahala.

 

Selanjutnya mengenai jenis kelamin kambing yang akan digunakan untuk aqiqah, tidak peduli kambing jantan atau kambing betina.

 

Kondisi Fisik Kambing Aqiqah

Berbagai macam syarat fisik kambing yang digunakan untuk aqiqah sama dengan hewan kurban. Kondisi fisik kambing harus sehat, bebas dari cacat, timbangan, cukup umur dan bebas dari penyakit.

 

Dalam memilih kambing untuk aqiqah yang memenuhi syarat hukum tidaklah mudah bagi kita semua yang belum berpengalaman. Jadi Anda harus mencari informasi atau bertanya kepada orang yang berpengalaman tentang memilih kambing untuk kurban atau aqiqah.

 

Umur Kambing Aqiqah

Selain memperhatikan jenis kelamin dan penampilan fisik kambing untuk aqiqah, salah satu syarat kambing aqiqah adalah umurnya. Jika ditanya berapa batas usia sebenarnya dari kambing aqiqah, maka kita kembali merujuk pada hadits Nabi Muhammad SAW. Hewan aqiqah yang belum cukup umur tentu akan mengakibatkan ibadah aqiqah yang dilakukan tidak sah, sehingga akan sia-sia.

 

Persyaratan umur hewan untuk pelaksanaan aqiqah adalah sama dengan hewan kurban. Kecukupan umur hewan yang disembelih sering disebut dengan musinnah. Musinnah kambing adalah ketika berumur 1 tahun dan telah memasuki tahun kedua. Selain itu, ada juga kriteria Jadza'ah. Ini adalah domba yang sudah memasuki usia 6 bulan sampai 1 tahun.

 

Dari penjelasan tersebut dapat ditentukan bahwa umur kambing untuk aqiqah minimal berumur lebih dari 1 tahun. Anda juga bisa beribadah aqiqah dengan berbagai jenis kambing. Seperti kambing jawa, kambing garut, domba, gibas, domba, kambing etawa, kambing bengal, kambing PE, dan berbagai jenis kambing lainnya.

 

Anda juga dapat melakukan aqiqah dengan kambing yang berusia kurang dari 1 tahun. Dengan catatan kambing tersebut berumur lebih dari 6 bulan untuk aqiqah. Namun, hal ini hanya boleh dilakukan bila Anda mengalami kesulitan membuat kambing dimusnahkan.


Penutup

Semua negara Muslim menerapkan persyaratan jenis kambing untuk Aqiqah seperti yang disebutkan di atas. Seperti di Indonesia, menggunakan dasar yang sama dalam aqiqah, yaitu berdasarkan sunnah dan juga hadits Nabi Muhammad.

 

Sumber: karimaaqiqah.com